Wednesday, January 02, 2008

BlankOn 2.0 Konde di Asus A9rp

Ah, makin hari rasanya makin 'tergoda' untuk mempercantik BlankOn yang sudah mantap nangkring di laptop kesayangan. Beberapa “kejutan manis” dan “tantangan” telah berhasil ditaklukkan, yakni:

1.Wifi card bawaan Asus A9rp langsung terdeteksi, begitu juga Compiz Fusion. Ini tidak terjadi di Feisty Fawn dulu.

2.Penambahan DVD repository lokal, maklum termasuk kaum irit bandwitdh :-)
Problem terjadi ketika kiriman DVD repo lokal Gutsy yang dibeli dari sebuah toko online gagal dikenali dengan baik. Ketika dilakukan penambahan via “sudo apt-cdrom add” malah minta masukkan label disk, tapi ketika dimasukkan ... malah error :-(
Setelah googling dan nanya di forum linux, disarankan untuk ganti (baca: beli lagi, hiks) DVD-nya yang kemungkinan bermasalah. Setelah beli lagi di toko online yang lain, Alhamdulillah, proses penambahan repo berjalan dengan baik.

3.Instalasi dan setup Innotek Virtual Box OSE untuk “main-main” dengan distro lain.
Karena sudah rada “berpengalaman” ketika di Feisty dulu, sudah lumayan lancar. Tanpa kesulitan yang berarti VirtualBox sukses “nangkring” di BlankOn.
link berikut amat membantu --> http://ubuntu-tutorials.com/category/virtualization/

4.Ngga tau ya, belakangan ini lagi naksir berat sama tampilan desktop MacOS. Karena itu, Gnome desktop harus dipermak abis jadi mirip MacOS .. kalo ngga Tiger ya, Leopard gituuu :-) Minimal ada docks-nya lah!
Setelah googling, sepertinya AWN (Avant Window Navigator) lebih ok daripada pakai gdesklets. Coba link berikut--> http://www.ubuntugeek.com/howto-install-avant-window-navgator-in-ubuntu-gutsy-gibbon.html

Well. sepertinya BlankOn bakalan lama nangkring di Asus gw :-)

1 comment:

bayu said...

coba pake mac4lin mas.... googling aja... lumayan bikin tampilan gnome rasa mac....

buat multimedia bisa install exaile, dock pake awn, jangan lupa widget nya sekalian...